Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Jagung, juga dikenal sebagai jagung atau nenek moyang kita ( Bhutta / Makkai / Challi ) dalam bahasa Hindi, ‘ Mokka Jonnalu ‘ di Telugu, ‘ Makkacholam ‘ dalam bahasa Tamil, ‘ Cholam ‘ di Malayalam, ‘ Musukina Jol a’ di Kannada, ‘ Makkai ‘ di Gujarati, ‘ Makai ‘ di Marathi dan Punjabi dan ‘ Butta ‘ dalam bahasa Bengali. Jagung adalah tanaman biji-bijian besar yang konon berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Meski dilihat sebagai sayuran, sebenarnya adalah makanan gandum.

Batang berdaun tanaman menghasilkan telinga, yang mengandung biji-bijian yang dikenal sebagai kernel. Untuk setiap kernel tongkol, ada untaian sutra. Kacang putih dan kuning paling populer, tapi hari ini, jagung tersedia dalam warna merah, coklat, biru dan ungu juga. Hibrida putih dan kuning dikenal sebagai mentega dan gula jagung yang mengandung kedua jenis kernel. Sereal ini dikenal dengan cita rasa yang menyenangkan dan fleksibilitasnya.

Jagung bayi tersedia dalam kaleng atau stoples di supermarket dan digunakan dalam masakan Asia. Gandum ini umumnya tersedia di musim panas dan bisa dimasak dengan berbagai cara. Jagung manis bisa digunakan untuk menghias nasi segar atau dimasak dengan bawang merah dan cabe untuk membuat camilan malam. Bahkan bisa dimakan langsung dari telinga jagung. Di India, vendor sering terlihat menjual jagung yang dikenal dengan ‘bhutta’. Bagian yang terbaik adalah bahwa jagung tidak hanya lezat, tapi kaya vitamin, mineral dan serat, sehingga menawarkan beberapa manfaat kesehatan.

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Mari Ketahui Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Selain rasanya yang lezat, jagung kaya akan serat, rendah lemak dan sumber nutrisi penting yang menawarkan beragam manfaat kesehatan yang diberikan di bawah ini.

Bagus Untuk Pencernaan

Jagung tinggi serat makanan yang terdiri dari serat larut dan tidak larut. Serat larut membantu dalam menghalangi penyerapan kolesterol dengan mengubahnya menjadi konsistensi seperti gel sedangkan serat yang tidak larut mencegah konstipasi dan masalah usus dengan mempromosikan tinja lunak dan besar yang dapat bergerak dengan mudah melalui usus, mengurangi kemungkinan Sindroma Irritable Bowel dan diare.

Dengan demikian, ini membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir serta kanker usus besar. Meskipun jagung mengandung kedua jenis serat, namun kandungan serat larutnya lebih tinggi.

Mencegah Anemia

Anemia disebabkan karena kekurangan vitamin B12 dan asam folat. Jagung mengandung sejumlah besar zat besi dan zat besi, yang merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah baru. Kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan anemia.

Peningkatan Energi

Jagung dianggap sebagai sayuran bertepung karena mengandung sejumlah karbohidrat tinggi yang memberi Anda energi jangka pendek dan jangka panjang. Mereka juga memastikan berfungsinya otak dan sistem saraf. Satu cangkir jagung menyediakan sekitar 29 gram karbohidrat. Hal ini sangat bermanfaat bagi atlet karena mereka membutuhkan lebih banyak karbohidrat untuk mengoptimalkan kinerja olahraga.

Selain itu, jagung adalah karbohidrat kompleks sehingga bisa dicerna dengan lambat, sehingga memberi Anda tingkat energi seimbang yang bebas dari puncak dan lembah. Dianjurkan untuk makan jagung beberapa jam sebelum berolahraga untuk energi abadi.

Menurunkan LDL Kolesterol

Kolesterol diproduksi oleh hati dan umumnya ada dua jenis kolesterol, HDL atau kolesterol baik dan LDL atau kolesterol jahat. Kadar kolesterol jahat meningkat karena asupan makanan berlemak, sehingga memperlemah jantung dan menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Jagung manis kaya akan vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid yang menjaga kesehatan jantung Anda dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah. Minyak jagung memiliki efek antiaterogenik pada kadar kolesterol karena menurunkan kadar kolesterol dengan mengurangi penyerapan kolesterol oleh tubuh, sehingga mencegah aterosklerosis dan mengulur radikal bebas ke seluruh tubuh.

Memfasilitasi Berat Badan

Jagung adalah pilihan terbaik bagi orang dengan berat badan kurang, disebut sebagai ‘orang yang susah payah’. Mereka perlu meningkatkan asupan kalori mereka sehingga bisa mengenakan beberapa kilogram pada bingkai mereka. Jagung padat kalori dan kaya akan karbohidrat yang membantu mengembangbiakkan tubuh Anda. Jadi, itu bisa menjadi tambahan yang sehat untuk makanan Anda jika Anda kekurangan berat badan. Satu cangkir biji jagung menyediakan sebanyak 130 kalori.

Mencegah Diabetes Dan Hipertensi

Buah dan sayuran organik seperti jagung telah terbukti efektif dalam mengurangi tanda-tanda diabetes. Konsumsi rutin biji jagung membantu pengelolaan diabetes mellitus non-insulin dependent (NIDDM) dan melindungi terhadap hipertensi karena adanya phytochemicals fenolat di seluruh jagung.

Fitokimia mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan lonjakan dan tetes untuk pasien diabetes dan memungkinkan mereka mempertahankan gaya hidup normal. Selain itu, jagung merupakan sumber asam pantotenat yang baik. Vitamin B ini membantu metabolisme karbohidrat, protein dan lipid. Oleh karena itu, ini mencegah stres dengan mendukung fungsi kelenjar adrenal.

Artikel Menarik Lainnya :

Cara Menyembuhkan Polip Hidung Tanpa Operasi

Cara Mengatasi Alergi Dingin Pada Hidung

Cara Mengobati Radang Hidung

Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening Di Leher

Obat Varikokel Tanpa Operasi

Manfaat Lainnya :

Mari Ketahui Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Jaringan Connective yang lebih kuat

Jaringan ikat terdiri dari tulang, ligamen, tendon, otot dan tulang rawan. Jagung mengandung trace mineral mangan yang memperkuat jaringan ikat. Selain itu, mangan menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memecah karbohidrat dan lemak untuk memberi energi. Secangkir jagung menyediakan sekitar 12 persen nilai mangan yang direkomendasikan setiap hari. Jagung juga mengandung sejumlah besar mineral seperti magnesium, besi, tembaga dan fosfor yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini mencegah tulang Anda retak saat Anda bertambah tua.

Meningkatkan Visi

Kernel jagung kuning mengandung zat yang disebut karotenoid yang mengurangi risiko degenerasi makula yaitu penurunan penglihatan pada pusat garis penglihatan Anda. Beta-karoten membantu dalam memproduksi vitamin A, sehingga mendukung penglihatan yang lebih baik.

Anti-kanker

Penelitian telah membuktikan bahwa antioksidan yang ditemukan di jagung dapat melawan dan menghilangkan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, butiran ini merupakan sumber senyawa fenolik yang baik, asam ferulic yang efektif dalam melawan tumor di payudara dan hati.

Bermanfaat Selama Kehamilan

Sebagai sumber asam folat yang kaya, jagung sangat bermanfaat bagi wanita hamil. Kekurangan asam folat pada wanita hamil dapat menyebabkan kelahiran bayi dengan berat badan kurang dan juga menyebabkan cacat tabung saraf saat lahir.

Dengan demikian, wanita hamil harus memasukkan jagung dalam makanan mereka karena bermanfaat bagi kesehatan anak dan ibu hamil. Namun, dalam kasus tekanan darah tinggi atau bengkak tangan atau kaki, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Bermanfaat untuk Hati

Minyak jagung dikatakan memiliki efek antiaterogenik pada kadar kolesterol, sehingga melindungi terhadap penyakit kardiovaskular. Minyak jagung sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung karena memiliki kombinasi asam lemak optimal, sehingga memungkinkan asam lemak omega-3 untuk menghilangkan kolesterol jahat yang merusak dan menggantikannya di tempat ikatan. Akibatnya, ini mencegah arteri menjadi tersumbat, mengurangi tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Post By : Obat Amandel Herbal Tanpa Operasi

Baca Juga :

Cara Menyembuhkan Gastritis Kronis

Obat Penebalan Dinding Jantung

Cara Mengobati Jantung Terendam Cairan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *